Abstract:
Penerapan kurikulum merdeka adalah salah satu inovasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki dunia pendidikan setelah pandemi covid-19. Untuk membantu implementasi kurikulum merdeka, perlu adanya fasilitas atau sarana pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang dibutuhkan adalah modul ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar pada materi Aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dengan tahapan-tahapannya adalah define, design, develop, dan disseminate. Kriteria kevalidan modul ajar ini dinilai berdasarkan hasil dari validasi ahli (expert appraisal) oleh tiga orang validator menggunakan lembar validasi. Hasil uji validitas modul ajar yang dikembangkan memperoleh nilai validasi dengan persentase 77,86?n masuk dalam kriteria valid. Pada penelitian ini terbatas hanya pada materi Aljabar pada jenjang SMP/MTs kelas VII dan hanya pada tahap develop yaitu pada tahap validasi ahli oleh tiga validator. Penelitian ini menghasilkan modul ajar materi aljabar untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka dengan kriteria valid.
Kata Kunci: Modul ajar, aljabar, kemampuan, literasi numerasi, kurikulum merdeka