Abstract:
Rasidinurrahmad. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah, Etos Kerja dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru
SMPN di Kabupaten Balangan. Tesis. Program Magister Administrasi
Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:
(I) Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd ,(II) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja, Motivasi Berprestasi,
Kinerja guru
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1)
Kepemimpinan transformasional kepala sekolah , etos kerja, motivasi berprestasi,
dan kinerja guru; (2) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap motivasi
berprestasi; (3) Pengaruh etos kerja terhadap motivasi berprestasi; (4) Pengaruh
kepemimpinan transformasinal terhadap kinerja guru; (5) Pengaruh etos kerja
terhadap kinerja guru; (6) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru; (7)
Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru melalui motivasi
berprestasi; (8) Pengaruh etos kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi
berprestasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian
deskriptif-verifikatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 176 orang guru.
Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas
dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur
(path analysis) dengan metode regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan transformasional
kepala sekolah, etos kerja guru, motivasi berprestasi guru, dan kinerja guru masuk
ke dalam kategori tinggi. (2) Ada pengaruh langsung kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru (0,566). (3)
Ada pengaruh langsung etos kerja terhadap motivasi berprestasi guru (0,433). (4)
Ada pengaruh langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap
kinerja guru (0,111). (5) Ada pengaruh langsung etos kerja terhadap kinerja guru
(0,324). (6) Ada pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap kinerja guru
(0,562). (7) Ada pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala
sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi (0,312). (8) Ada
pengaruh tidak langsung etos kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi
berprestasi (0,243).
Saran dalam penelitian ini, bagi guru hendaknya meningkatkan etos kerja
terutama dalam memandang kerja adalah aktualisasi, bagi kepala sekolah perlu
meningkatkan perhatian maupun penghargaan atas pencapaian prestasi para guru,
dan bagi peneliti selanjutnya, disarankan dapat meneliti variabel kepemimpinan
transformasional kepala sekolah pada dimensi Individualized Consideration, etos
kerja guru pada kerja adalah aktualisasi, dan motivasi berprestasi guru dalam
kebutuhan untuk berafiliasi, karena masih terdapat kekurangan ataupun
permasalahan pada dimensi tersebut.