Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah penerapan nilai karakter tanggung jawab peserta didik pada saat ini mengalami penurunan, dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19 yang mengakibatkan banyak peserta didik yang mulai melupakan pembiasaan dan budaya yang telah ditanamkan oleh sekolah sebelum pandemi, serta adanya peserta didik baru yang belum terbiasa dengan budaya sekolah SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Sehingga tenaga pendidik sekolah SMP Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin melakukan penanaman dan pembiasaan nilai-nilai karakter serta budaya sekolah dari awal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran PPKn pada siswa SMP Islam Terpadu Ukhuwah di Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat implementasi karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran PPKn terlaksana dengan baik, namun hasilnya belum maksimal, karena peserta didik masih berada pada tahap penyesuaian kembali pasca pendemi Covid-19, sehingga masih ditemukan sebagian kecil dari peserta didik yang belum mampu menerapkan nilai-nilai karakter dengan baik (2) Faktor pendukung, yaitu guru-guru di sekolah khususnya guru mata pelajaran PPKn yang berperan penting sebagai faktor pendukung dalam implementasi karakter tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran dan tentunya dilengkapi dengan program-program sekolah dan sarana prasarana sekolah. Faktor penghambatnya berasal dari internal peserta didiknya masing-masing yang pengaruh karakternya tergantung pada lingkungan keluarga dan pergaulannya.