Abstract:
ABSTRAKSI
Nazwa Astiti (2022). Analisis Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif (Studi pada konsumen Shopee di Kota Banjarmasin). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing M. Yudy Rachman.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh secara simultan dan parsial motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Kota Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory. Populasi penelitian ini adalah konsumen Shopee di Kota Banjarmasin. Sampel penelitian berjumlah 140 responden yang dipilih menggunakan teknik non- probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan memberikan pengaruh signifikan secara simultan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Kota Banjarmasin. Motivasi belanja hedonis memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Kota Banjarmasin. Promosi penjualan memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Kota Banjarmasin.
Kata kunci: Motivasi Belanja Hedonis, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif