Abstract:
ABSTRAK
Andri Safutra, 1710413610013. 2017, “Pelayanan Vaksinasi di Pusat Kesehatan Masyarakat Kayu Tangi Kota Banjarmasin”. Dibawah bimbingan Arif Rahman Hakim, S.Sos, M.IP selaku Pembimbing I.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan vaksinasi yang diberikan oleh Puskesmas Kayu Tangi di Kecamatan Banjarmasin Utara. Pemilihan lokasi dikarenakan ketersediaan vaksin dosis 1 di Puskesmas tersebut mengalami kekosongan stok vaksin pada awal tahun 2021 dan juga lokasi dari Puskesmas tersebut berada di area perkotaan dan berdekatan dengan lingkungan kampus yang memungkinkan banyak dari masyarakat maupun mahasiswa yang melakukan vaksinasi di sana. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dan yang menjadi informan ialah Kepala Puskesmas, Petugas Kesehatan (Nakes) serta masyarakat yang datang ke Puskesmas Kayu Tangi untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, dokumentasi, wawancara dan pengolahan data. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekataan yang bersifat deskriptif, dan adapun yang menjadi fokus penelitian yakni persyaratan pokok dalam pelayanan kesehatan yang baik,yang diukur dari 5 indikator yaitu tersedia dan berkesinambungan, dapat diterima dan wajar (acceptable & appropriate), mudah dicapai (accessible), mudah dijangkau (affordable), bermutu (quality).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kayu Tangi sudah sangat baik, hal ini dapat dilihat dari 5 indikator yaitu tersedia dan berkesinambungan, dapat diterima dan wajar (acceptable & appropriate), mudah dicapai (accessible), mudah dijangkau (affordable), bermutu (quality). Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat sedikit kendala dari masyarakat yang tidak mau di vaksin. Adapun faktor pendukung dalam pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kayu Tangi yaitu melakukan tugas mereka sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan lebih mengutamakan pelayanan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat terlebih dahulu, dimulai dari pelayanan administrasi, pemeriksaan maupun pemberian informasi dengan sangat jelas kepada pasien.
Oleh karena itu disarankan kepada pihak Puskesmas dan tenaga kesehatan agar mengedukasi masyarakat dengan memberikan informasi yang lebih jelas dan transparan mengenai Covid-19 serta mengkampanyekan pentingnya vaksinasi Covid-
19. Diharapkan juga kepada tenaga kesehatan agar memberikan contoh atau menjadi role model bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19 dan vaksinasinya untuk membentuk kepercayaan dan keyakinan masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi Covid-19.
Kata Kunci: Pelayanan