Abstract:
Pengembangan media pembelajaran yang dapat menjadi pilihan sehingga dapat menunjang perkembangan zaman yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Media pembelajaran interaktif yang efektif dan menarik terutama untuk konsep sistem gerak pada manusia yang tergolong kompleks dapat membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik terhadap hasil pengembangan media pembelajaran interaktif materi sistem gerak pada manusia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (Thiagarajan et al., 1974). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kesesuaian, kelayakan, keterbacaan, dan respon peserta didik. Subjek penelitian adalah 3 (tiga) orang ahli terdiri atas dosen Pendidikan Biologi dan satu orang Guru Mitra dan di uji di SMA Negeri 9 Banjarmasin Kelas XI MIPA sebanyak 12 (dua belas) orang peserta didik. Hasil pengujian menunjukkan hasil sangat sesuai pada uji kesesuaian, sangat layak pada uji kelayakan, sangat baik pada uji keterbacaan, dan juga sangat baik pada uji respon peserta didik. Hal ini menunjukan hasil pengembangan media pembelajaran interaktif materi sistem gerak pada manusia sudah sesuai dan layak.