Abstract:
ABSTRAK
Mulyadi, Rizky, 2022, Manajemen Implementasi Penanaman Nilai Karakter pada Peserta didik di SMP (Studi Kasus pada SMP IT Ar-Rasyid dan SMP Negeri 1 Batu Licin). Program Magister Administrasi Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing I Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.
Kata kunci: Manajemen, Implementasi, Penanaman Nilai Karakter
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting, khususnya mengenai pendidikan karakter. Pendidikan karakter di Indonesia beberapa waktu belakangan ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Hal ini sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas. Berbagai persoalan tersebut memunculkan anggapan bahwa pelaksanaan pendidikan di sekolah ternyata belum mampu membentuk seseorang untuk menjadi pribadi yang baik dan berkarakter.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji tentang implementasi penanaman nilai karakter terkait dengan manajemen kurikulum, manajemen partisipasi orang tua, manajemen pemberdayaan guru dan peserta didik, dan manajemen kemitraan dinas-dinas pemerintahan pada peserta didik SMP IT Ar-Rasyid dan SMP Negeri 1 Batu Licin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan fenomenalogis serta rancangan penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang terkumpul dilakukan melalui reduksi, penarikan kesimpulan, penyajian, dan verifikasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter tentang manajemen kurikulum menunjukan bahwa proses alur pendidikan karakter peserta didik sudah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Untuk manajemen partisipasi pada orang tua membentuk karakter disiplin peserta didik di rumah dengan pembiasaan-pembiasaan seperti shalat Dhuha, pembiasaan patriotisme, pembiasaan shalat sunah dan wajib, dan pembiasaan olahraga Manajemen pemberdayaan pada guru adalah membuat perencanaan dengan berupaya agar pengembangan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler. Manajemen pemberdayaan pada peserta didik membentuk karakter tanggung jawab diwujudkan program buku pantauan, penerapan tugas terstruktur kegiatan Mabit dan Imtaq serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. Manajemen kemitraan dengan dinas-dinas pemerintahan pada peserta didik adalah merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan perencanaan kerjasama dengan mitra dinas-dinas pemerintahan yang ada di wilayah sekolah. Implementasi nilai karakter tentang manajemen kemitraan dilaksanakan untuk membentuk karakter disiplin peserta didik.
Saran bagi kepala sekolah Kepala Sekolah Agar selalu menjadi salah satu tokoh utama dalam mensukseskan pembentukan karakter di sekolah dan menjadi panutan yang baik bagi peserta didiknya