Abstract:
Pembelajaran daring selama masa pendemi membuat sumber belajar mata pelajaran sejarah menjadi minim keberadaannya sehingga guru harus menyiapkan alternatif sumber belajar yang dapat memudahkan siswa dalam mendapatkan sumber belajar tambahan. Aplikasi Ipusnas adalah salah satu perangkat software yang menyediakan berbagai koleksi buku yang tersedia dalam bentuk digital. Layanan ini dapat menjadi alternatif bagi siswa sebagai salah satu sumber belajar yang dapat diakses dengan mudah hanya menggunakan handphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan dan dampak penggunaan dari aplikasi Ipusnas sebagai sumber belajar digital siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 4 Banjarmasin.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara dilakukan terhadap 2 orang guru pengampu mata pelajaran sejarah dan 30 orang siswa sebagai perwakilan kelas XI IPS di SMAN 4 Banjarmasin. Tahap-tahap saat menganalisis data adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk menjamin keabsahan data dilakukan proses standar kredibilitas, transferabilitas, defendabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Ipusnas ini hanya sebagai sumber belajar tambahan/pelengkap untuk memperluas wawasan siswa mengenai tema materi yang sebelumnya diambil dari buku teks sebab cakupan materinya terlalu luas. Materi ajar di dalam buku teks dengan buku-buku yang ada di aplikasi Ipusnas sudah cukup lengkap dan sesuai dengan tema materi ajar, akan tetapi buku-buku yang ada di aplikasi Ipusnas ini cakupannya terlalu luas untuk materi ajar yang telah ditentukan oleh kurikilum.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa aplikasi Ipusnas dapat dimanfaatkan sebagai alternatif dalam mencari sumber belajar digital karena mampu membantu siswa dalam menyediakan beragam sumber belajar untuk pembelajaran sejarah di dalam kelas.