Abstract:
ABSTRAK
Janiah, Siti. 2022. Hubungan Komunikasi Kepala Sekolah, Etos Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, (II) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Komunikasi kepala sekolah, etos kerja, motivasi kerja, kinerja guru.
Kinerja merupakan aspek penting pada sebuah lembaga penyelenggara pendidikan, maka individu pengajar wajib menyelenggarakan seluruh kewajibannya sebagai pendidik, sehingga performa hasil kerja pengajar wajib dihadirkan dengan benar melalui penguasaan kapabilitas secara nyata dilakukan dalam menuntaskan kewajiban.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Komunikasi kepala sekolah, etos kerja, motivasi kerja dan kinerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, (2) Menganalisis hubungan langsung komunikasi kepala sekolah dengan kinerja; etos kerja dengan kinerja; motivasi kerja dengan kinerja; komunikasi kepala sekolah dengan motivasi kerja; etos kerja dengan motivasi kerja. 3) Pengaruh tidak langsung komunikasi kepala sekolah dengan kinerja melalui motivasi kerja; etis kerja dengan kinerja melalui motivasi kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif-kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru SD Negeri di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin sebanyak 153 orang dengan sampel sebanyak 111 orang ditentukan secara Simple Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Komunikasi Kepala Sekolah, Etos Kerja, Motivasi Kerja dan Kinerja guru tergolong sedang. 2) Terdapat hubungan langsung komunikasi kepala sekolah dengan kinerja; Etos kerja dengan kinerja; motivasi kerja dengan kinerja; komunikasi kepala sekolah motivasi kerja; etos kerja dengan motivasi kerja, 3) Terdapat hubungan tidak langsung komunikasi kepala sekolah dengan kinerja melalui motivasi kerja; etos kerja dengan kinerja melalui motivasi kerja.
Hendaknya guru dalam mendesain perencanaan juga memperhatikan alokasi waktu yang diperuntukan bagi penyelenggaraan pengajaran satu mata pelajaran, agar pelaksanaan bisa berjalan dengan efektif dan mampu meningkatkan prestasi serta hasil belajar siswa.