Abstract:
ABSTRAK
Situmorang, Dermawati. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Berprestasi terhadap Produktivitas Kerja Guru SMKN di Kota Palangkaraya.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Iklim kerja, Motivasi Berprestasi, Produktivitas Kerja
Produktivitas kerja guru merupakan aspek penting sebab sangat menentukan terlaksananya pekerjaan secara efisien dan efektif, namun realitanya di lapangan menunjukkan masih banyak guru yang belum melaksanakan pekerjaanya secara efisien dan efektif. Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Deskripsikan Kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim kerja dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru SMKN di kota Palangkaraya. 2). Pengaruh langsung Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung terhadap produktifitas kerja guru ; Iklim kerja secara langsung terhadap produktivitas kerja guru ; Motivasi berprestasi secara langsung terhadap produktivitas kerja guru ; Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung terhadap motivasi berprestasi guru ; Iklim Kerja terhadap terhadap motivasi guru. 3) Pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah melalui motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru ; Iklim Kerja melalui motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model analisis jalur. Populasi penelitian ini adalah 380 orang guru dengan sampel sebanyak 196 orang yang diambil dengan menggunakan tehnik proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang terdiri dari variabel kepemimpinan instruksional kepala sekolah (26 item), instrumen iklim kerja (25 item), instrumen motivasi berprestasi (28 item) dan instrumen produktivitas kerja guru (21 item). Instrumen diuji validitas mengunakan analisi butir dengan korelasi product moment sedangkan reliabilitasnya dengan alpa cronbach.
Berdasarkan hasil penelitian di lapangan di simpulkan: 1). Gambaran kepemimpinan instruksional kepala sekolah, iklim kerja dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru SMKN di kota Palangkaraya tergolong sedang. 2). Terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung terhadap produktifitas kerja guru ; Iklim Kerja secara langsung terhadap Produktivitas guru ; Motivasi berprestasi secara langsung terhadap Produktivitas kerja guru ; Kepemimpinan instruksional kepala sekolah secara langsung terhadap motivasi berprestasi guru ; Iklim Kerja terhadap terhadap motivasi guru. 3). Terdapat pengaruh tidak langsung kepemimpinan instruksional kepala sekolah melalui motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru ; Iklim Kerja melalui motivasi berprestasi terhadap Produktivitas kerja guru.
Melihat hasil penelitian, disarankan untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja guru, maka kepemimpinan instruksional sebaiknya di maksimalkan di mana kepemimpinan ini berpengaruh terhadap iklim kerja, motivasi berprestasi yang pada akhirnya jika kepemimpinan baik, iklim kerja baik, akan meningkatkan motivasi berprestasi yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja guru.