Abstract:
Ade Fasya Rahmaniar. 2022. Program Studi Ilmu Komunikasi. “Marketing Public Relations strategy of BANK BNI Cabang Balikpapan Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Loyalitas Nasabah”. Dibawah bimbingan Sarwani
Marketing Public Relations merupakan program Public Relations bank BNI Balikpapan yang diselenggarakan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan Loyalitas nasabah.
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Strategi marketing public relations Bank BNI Cabang Balikpapan dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Marketing Public Relations Bank BNI Cabang Balikpapan telah berhasil menjalankan programnya dengan tujuh elemen tersebut (Publikasi, Acara, Sponsor, Berita, Pidato, Kegiatan Layanan Masyarakat dan Media Identitas) dan Untuk Pull Strategy, aktifitas yang termasuk didalamnya yaitu publikasi, berita dan media identitas. Pelaksanaan Push strategy tergambarkan melalui kegiatan pidato dan acara. Pass strategy dapat dilihat melalui kegiatan sponsorship dan kegiatan layanan masyarakat yang dilakukan oleh Bank BNI Cabang Balikpapan. Dalam kegiatan marketing public relations tujuan serta dampak yang diharapkan, memiliki keselarasan dengan kegiatan yang dapat dilakukan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Pada indikator repeat purchase, kegiatan yang tergabung dalam pull strategy.
Kata Kunci: Strategi Marketing Public Relations, loyalitas