Abstract:
Norliani. 2022. Pengaruh Iklim Sekolah, Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru SDN di Kecamatan Batumandi. Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, dan Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D.
Kata Kunci: Iklim Sekolah, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih belum maksimalnya prestasi kerja guru SDN di Kecamatan Batumandi disebabkan iklim sekolah yang kurang kondusif, komitmen kerja dan kepuasan kerja yang rendah.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Iklim sekolah, komitmen organisasi, kepuasan kerja dan prestasi kerja guru SDN di Kecamatan Batumandi, 2) Pengaruh langsung iklim sekolah terhadap prestasi kerja, 2) pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap prestasi kerja, 3) pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap prestasi kerja, 4) pengaruh langsung iklim ksekolah terhadap kepuasan kerja, 5) pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja, 6) Pengaruh tidak langsung iklim sekolah terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja, 7) Pengaruh tidak langsung komitmen organisasi terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru SDN di Kecamatan Batumandi sebanyak 160 orang dengan sampel sebanyak 115 orang ditentukan menggunakan probability simple Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) iklim sekolah, komitmen organisasi dan kepuasan kerja termasuk kategori sedang, dan prestasi kerja guru termasuk kategori tinggi. 2) Terdapat pengaruh langsung langsung iklim sekolah terhadap prestasi kerja, 3) Terdapat pengaruh langsung komitmen kerja terhadap prestasi kerja, 4) terdapat pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap prestasi kerja, 5) terdapat pengaruh langsung iklim sekolah terhadap kepuasan kerja, 6) terdapat pengaruh langsung komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja. 7) Terdapat pengaruh tidak langsung iklim sekolah terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja, 8) Terdapat pengaruh tidak langsung komitmen organisasi terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja.
Kesimpulan: iklim kerja, komitmen organisasi dan kepuasan kerja secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja guru.
Saran: perlu ada upaya meningkatkan prestasi kerja guru khususnya dari aspek inisiatif, agar guru dalam melaksanakan pembelajaran bisa mengaitan dengan contoh-contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan mampu meningkatkan minat dan semangat belajar bagi siswa karena dengan mengaitkan pembelajaran dengan kejadian nyata dalam kehidupan maka siswa akan lebih mudah memahami teori atau materi yang disampaikan oleh pengajar.