Abstract:
Pop-up book merupakan produk pembelajaran sejarah yang diterapkan oleh guru sebagai hasil belajar peserta didik dan disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Oleh karena itu, produk tersebut dapat meningkatkan minat belajar peserta didik supaya lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian produk pembelajaran pop-up book pada pelajaran sejarah sebagai hasil belajar di kelas XI IPS MA Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan tentang produk pembelajaran pop-up book. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara uji keabsahannya menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian produk pembelajaran pop-up book sebagai hasil belajar peserta didik pada pelajaran sejarah, diantaranya perencanaan pembuatan produk pembelajaran pop-up book diawali dengan pembuatan RPP yang didalamnya terdapat juga bagaimana peserta didik menganalisis dan menyajikan hasilnya tentang materi pembelajaran sejarah, pelaksanaan pembuatan produk pembelajaran pop-up book sesuai dengan RPP yang telah dibuat serta selama pelaksanaan berjalan baik, dan hasil produk pop-up book menunjukkan peserta didik lebih aktif serta kreatif selama proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembuatan produk pembelajaran pop-up book berjalan sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru. Selain itu, kesesuaian hasil produk pembelajaran pop-up book juga baik karena peserta didik mampu menyelesaikan serta menerapkannya sebagai hasil belajar sejarah saat kegiatan belajar berlangsung.
Kata Kunci: Pop-Up Book, Pembelajaran Sejarah, Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin.