Abstract:
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI RANGKA, OTOT DAN PRINSIP PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJARMASIN
(Oleh: Normala Dewi; Pembimbing: Syahmani, Maya Istyadji: 2019:90 halaman)
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi rangka, otot dan prinsip pesawat sederhana kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan proses sains antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan rancangan penelitian Pre-test Post-test Cotrol Grup Design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII E dan kelas VIII F dengan teknik penelitian random sampling. Hasil pengetahuan diliat dari tes soal sedangkan hasil keterampilan proses sains dilihat dari tes soal dan observasi. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa rata-rata skor post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 82,00 dan 76,00. Sementara hasil test keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 71,11 dan 52,22. Jadi dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat perbedaan pengetahuan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran langsung atau Direct instruction pada materi rangka otot dan pesawat sederhana; 2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran langsung atau direct instruction pada materi rangka, otot dan pesawat sederhana.
Kata kunci: Pengetahuan, Keterampilan Proses Sains, Inkuiri Terbimbing