Abstract:
LKPD sebagai salah satu pedoman siswa saat melaksanakan proses menyelidiki ataupun memecahkan masalah. Maka dari itu, diperlukan LKPD mampu menjadikan siswa makin terlibat aktif saat proses belajar mengajar dilangsungkan serta mampu menggiring siswa pada saat berpikir dan menyelesaikan masalah. LKPD berbasis masalah menjadi salah satu kegiatan belajar mengajar yang bisa menjadikan peserta didik belajar dengan aktif serta kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan agar menjadikan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis masalah terhadap bahasan tentang persamaan garis lurus untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid juga praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D, namun hanya melakukan tiga tahapan antara lain tahap define, design, serta develop. Pada tahapan pengembangan, produk divalidasi oleh tiga validator dan produk diujicobakan hanya sampai tahapan uji coba kelompok kecil. Hasil uji validitas atas pengembangan LKPD menyatakan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan terhadap LKPD yang dikembangkan menyatakan kriteria praktis. Oleh karena itu, dihasilkan LKPD matematika berbasis masalah pada materi persamaan garis lurus untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid dan praktis.