Abstract:
ABSTRAK
Sumber daya sosial bertindak sebagai perantara kejadian menekan terhadap interaksi sosial. Ditemukan rendahnya sumber daya sosial terhadap peserta didik keIas XI Jurusan Akuntansi. Fungsi riset ini guna menganalisa keefektifan teknik sosiodrama guna menumbuhkan sumber daya sosial siswa. Dalam riset ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis riset eksperimen design One Group pre test-posttest. Sampel penelitian berjumlah 5 siswa kelas XI Jurusan Akuntansi. Prosedur pelaksanaan riset yang dipakai yaitu bahan perlakuan berbentuk “Pedoman Bimbingan Ke1ompok Menggunakan Teknik Sosiodrama Guna Menumbuhkan Sumber Daya Sosial Kelas XI Akuntansi SMKN l Banjarmasin”. Riset memakai Kajian Paires Sample T- Test menunampilkan skor signifikasi 0,001 tidak sampai dari taraf signifikan (a) = 0,05 sehingga Ho ditoIak dan Ha diteerima, dengan begitu tehnik sosiodrama melalui Iayanan bimbingan ke1ompok berpengaruh dengan keefektifan sumber daya sosial siswa. Dengan begitu dengan harapan adanya riset ini, terkhusus untuk guru bimbingan dan konseling bisa diterapkannya metode sosiodrama secara inovatif, dan untuk para periset selanjutnya dapat dijadikan dasar pemgetahuan kuat tentang sumber daya sosial dan teknik sosiodrama.
Kata Kunci:t Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sumber Daya Sosial