Abstract:
Sumiati, 1610414220022, (2023). Konstruksi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Televisi Sampo Dove (Studi Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Dove Versi Rambut Aku Kata Aku). Dibawah bimbingan Fahrianoor dan Lalita Hanief.
Sebagian besar iklan yang ada di televisi menampilkan wanita dengan mitos kecantikan yang selama ini ada di masyarakat. Pada tahun 2019 dove melakukan kampanye melalui iklan Dove Versi Rambut Aku Kata Aku karena mereka percaya bahwa semua wanita memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan konstruksi kecantikan perempuan dalam iklan televisi Dove Versi Rambut Aku Kata Aku berdasarkan analisis semiotika John Fiske.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Objek penelitiannya adalah model-model yang terdapat dalam iklan ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan studi literatur Kemudian teknik analisa data menggunakan konsep analisis semiotika John Fiske dengan tiga level yaitu realitas, representasi, ideologi. Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Realitas Sosial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konstruksi Kecantikan Perempuan dalam Iklan Televisi Sampo Dove (2019) berdasarkan kode sosial John Fiske digambarkan dengan wanita-wanita yang ceria yang memiliki selera berpakaian serta lingkungan yang berbeda. Yang ditampilkan melalui teknik pengambilan gambar dengan tujuan untuk memperlihatkan penampilan, aktivitas, ekspresi serta mempertegas karakter model. Kemudian diisi dengan dialog yang menceritakan pengelaman mereka tentang bangaimana tanggapan orang-orang mengenai penampilan mereka. Iklan ini memiliki nilai mengenai kebebasan yang meliputi kesadaran bahwa mereka berhak memutuskan bagaimana mereka ingin tampil tanpa mempermasalahkan komentar orang-orang mengenai penampilan mereka.
Kata Kunci : Semiotika, Konstruksi, Iklan, Kecantikan Perempuan, Dove