Abstract:
Rizky (2022). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying dan Preferensi Belanja Konsumen di Masa Pandemi COVID-19. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Arief Budiman
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa: (1) Pengaruh lokasi toko terhadap pembelian spontan di masa pandemi COVID-19, (2) Pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian secara spontan dalam berbelanja di pembelian secara spontan dalam berbelanja di masa pandemi COVID-19, (4) Pengaruh lokasi toko terhadap pilihan seseorang untuk berbelanja di masa pandemi COVID-19, (5) Pengaruh promosi penjualan terhadap pilihan masa pandemi COVID-19, (3) Pengaruh rasa takut terhadap berbelanja di masa pandemi COVID-19, dan (6) Pengaruh rasa takut terhadap pilihan berbelanja di masa pandemi COVID-19.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Google form yang dibagikan secara online. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Kota Banjarmasin. Jumlah sampel sebanyak 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan analisa regresi dengan Smart PLS digunakan untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa location dan fear memengaruhi impulse buying. Sedangkan sales promotion tidak berpengaruh terhadap impulse buying. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa location, sales promotion, dan fear memiliki pengaruh terhadap shopping preference.
Kata Kunci: Lokasi, Promosi Penjualan, Rasa Takut, Pembelian Sacara Spontan, Pilihan Berbelanja, COVID-19