Abstract:
Pada materi program linear, siswa mengalami kesulitan dalam menggambarkan grafik daerah penyelesaian dari suatu soal dan membentuk model dari soal matematika. Hal ini mengacu pada indikator komunikasi matematis yaitu mengekspresikan model matematika dalam wujud gambar dan membentuk model matematika. Cara untuk mengurangi kesulitan siswa dalam belajar salah satunya melalui pengolahan video bahan ajar. Sehingga pengolahan video bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi program linear untuk siswa SMA kelas XI yang valid adalah tujuan dari penelitian pengembangan ini. Model 4-D yang digunakan pada video bahan ajar disederhanakan menjadi 3 tahap berupa define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Penilaian validasi yang dinilai dari ahli materi dan ahli media didapat rata-rata masing-masing 3 dan 3,25 yang menunjukkan bahwa video bahan ajar memenuhi syarat kategori valid. Dengan demikian, video bahan ajar materi program linear untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMA kelas XI termasuk ke dalam kategori valid.
Kata kunci: video bahan ajar, program linear, komunikasi matematis