Abstract:
Abstrak
Frisca Gloria Yanata, D1C114272, 2021, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Warung Hokki (Studi Pada Warung Hokki Cempaka Raya Banjarmasin), dibimbing oleh Siswanto dan Sarwani.
Warung Hokki merupakan salah satu Warung makan yang ada di Kota Banjarmasin dan sebagai salah satu tempat wisata kuliner. Warung Hokki sendiri merupakan Warung yang tergolong baru dalam usahanya, karena dibuka pada 1 januari 2021. Dalam hal ini, komunikasi pemasaran memiliki peranan penting karena pada dasarnya suatu usaha yang sedang berjalan membutuhkan yang namanya pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran komunikasi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada Warung Hokki Cempaka Raya Banjarmasin.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Cempaka Raya Banjarmasin pada Warung Hokki Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan kepada tiga orang informan yaitu owner Warung Hokki, karyawan serta kepada konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi kegiatan Merketing Public Relations yang meliputi Publikasi, Acara, Pemilihan Sponsor, Berita, dan Media Identitas. Ranah pemasaran yang berkaitan dengan volume penjualan dalam Strategi Marketing Public Relations yang meliputi Produk (product), Harga (price), Tempat (place), dan Promosi (promotion). Dari rangkaian pemasaran yang dilakukan Warung Hokki Banjarmasin dalam membangun usaha, dan meningkatkan penjualan kepada masyarakat tentang produk – produk yang dijual di Warung Hokki. Maka dari itu marketing public relations dari Warung Hokki harus ditingkatkan agar kegiatan pemasaran dan volume penjualan produk lebih ditingkatkan dalam membangun identitas, dan peningkatan penjualan dari Warung Hokki Cempaka Raya Banjarmasin.
Kata Kunci: Marketing Public Relations, Komunikasi Pemasaran, Peningkatan Penjualan.