Abstract:
Siswa hanya mampu menjawab soal matematika yang serupa dengan contoh soal yang diberikan guru dan kurangnya antusias siswa dalam belajar matematika. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena guru tidak pernah memberikan soal yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya soal evaluasi yang dikemas dalam bentuk Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pengembangan soal matematika berbasis HOTS dengan konteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, angket respon siswa, dan soal HOTS. Validasi ahli diisi oleh 3 orang validator yang menghasilkan skor rata-rata 3,783 yang berada pada kriteria valid. Uji coba dilakukan kepada 19 subjek siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Banjarmasin. Hasil rata-rata angket respon siswa 3,287 menyatakan bahwa soal HOTS berada pada kriteria praktis. Uji soal HOTS, nilai rata-rata siswa 64,895 berada pada kriteria cukup baik yang menyatakan bahwa soal HOTS yang dikembangkan efektif. Berdasarkan hasil yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa soal matematika berbasis HOTS dengan konteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs berada pada kategori valid, praktis, dan efektif layak untuk digunakan.