Abstract:
Kraton Yogyakarta merupakan cagar budaya dengan ornamen unik yang menjadi daya tarik untuk diteliti dan dijadikan sumber belajar etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep geometri pada ornamen Kraton Yogyakarta, mendeskripsikan pendapat para stakeholder pendidikan di Yogyakarta dalam mengimplementasikan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, dan mendeskripsikan keterkaitan kurikulum merdeka dengan hasil eksplorasi objek geometri pada ornamen Kraton Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, sumber data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kajian studi literatur. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) Ditemukan objek geometri pada ornamen Kraton Yogyakarta setelah dilakukan eksplorasi melalui kegiatan observasi/pengamatan. (2) Pendapat stakeholder pendidikan di Yogyakarta bahwa pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dalam memahami materi pelajaran matematika. (3) Hasil eksplorasi objek geometri pada ornamen Kraton Yogyakarta selaras dengan dimensi, elemen, dan sub elemen profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka belajar.