Abstract:
Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran dengan model inkuiri yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dan menguji kelayakan dari pengembangan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes hasil belajar dan dokumentasi. Uji validasi melibatkan 5 orang ahli yang terdiri dari ahli instrumen, ahli desain pembelajaran, ahli media, ahli materi, dan ahli evaluasi serta uji coba kepada 14 peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri yang telah dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI SD Negeri Lokrawa.