Abstract:
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan E-laerning Sevima Edlink dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X SMA Negeri 3 Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan dalam memanfaatkan E-learning Sevima Edlink pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dalam mendeskripsikan proses pembelajaran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design dengan jumlah siswa, yaitu 60 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar bahasa inggris siswa yang menggunakan E-learning Sevima Edink sebesar 78,6, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar bahasa inggris siswa yang tidak menggunakan E-learning Sevima Edink sebesar 53,6. Hasil analisis statistik uji-t dengan menggunakan software SPSS 16 menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang tidak menggunakan E-learning Sevima Edink dan Siswa yang tidak menggunakan Elearning Sevima Edlink terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa SMA Negeri 3 Banjarbaru. Bagi guru di sekolah SMA Negeri 3 Banjarbaru diharapkan dapat memanfaatkan E-learning Sevima Edlink dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu proses belajar mengajar.