Abstract:
Bentuk interaksi sosial pada penggemar K-Pop dalam komunikasi Army South Borneo dilihat dari bentuk interaksi asosiatif dan disotiatif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk interaksi yang digunakan sesama penggemar K-Pop dalam komunitas Army South Borneo. Metode digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling dengan kriteria (1) penggemar K-Pop, (2) kalangan remaja hingga dewasa usia minimal 15 tahun, (3) penggemar yang tergabung dalam komunitas Army South Borneo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bersifat asosiatif yaitu kerja sama yang ditunjukkan dengan adanya kerukunan bagi sesama penggemar seperti sifat saling tolong menolong, (2) bersifat disosiatif yaitu pertikaian walaupun tergabung didalam komunitas tidak terlepas dari pertikaian akan tetapi pertikaian tersebut tidak menimbulkan konflik besar dan masih bisa di selesaikan dengan baik oleh para penggemar. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan terdapat bentuk interaksi sesama penggemar K-Pop dalam komunitas Army South Borneo yaitu bersifat asosiatif dan disosiatif.