Abstract:
Web pembelajaran merupakan salah satu bentuk alternatif pembelajaran pada zaman kini. Kemudahan akses yang bisa dimanapun dan kapanpun membuatnya bisa digunakan dalam bidang apapun, tidak terkecuali dunia pendidikan. Penggunaan Web pembelajaran di perguruan tinggi juga bisa mendorong minat belajar mahasiswa terlebih pada mata kuliah yang lumayan sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengembangan web pembelajaran mata kuliah Bisnis Ritel, kelayakan pengembangan web pembelajaran pada mata kuliah Bisnis Ritel dan mengukur peningkatan minat belajar pada mahasiswa tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode (R&D) atau Research and Development dengan model pengembangan 4D yaitu tahapannya Define, Design, Development dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukan hasil uji validasi media sebesar 92,98?n uji validasi materi sebesar 91,32% serta uji respon mahasiswa mendapatkan 87,11% yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai rata-rata n-gain dengan nilai 0,7% yang tergolong pada kategori tinggi. Sehingga bisa disimpulkan bahwa web pembelajaran layak digunakan dan mampu meningkatkan minat belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP ULM pada mata kuliah Bisnis Ritel.