Abstract:
Pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan kemampuan dan karakter individu melalui berbagai proses seperti bimbingan, pengajaran, pelatihan, dan interaksi dengan lingkungan. Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada kemampuan berpikir kritis dan pendekatan lingkungan yang berkaitan dengan frasa berpikir global dan bertindak lokal melalui pengembangkan ensiklopedia di Kebun Raya Banua. Ensiklopedia adalah salah satu jenis sumber belajar yang memuat uraian berisi pengetahuan yang disusun sesuai abjad (alfabetis) atau menurut lingkungan ilmu dengan mengkolaborasikan teks dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan ensiklopedia famili rutaceae di Kebun Raya Banua. Metode penelitian ini yaitu metode EDR dengan desain evaluasi formatif Tessmer. Subjek uji perorangan adalah tiga orang mahasiswa dan subjek uji kelompok kecil adalah empat orang mahasiswa. Objek penelitian ini yaitu ensiklopedia famili rutaceae. Hasil dari penelitian menunjukkan kepraktisan isi dikategorikan baik dan kepraktisan harapan dikategorikan baik. Hal ini menunjukkan bahwa ensiklopedia famili rutaceae di Kebun Raya Banua sesuai harapan menarik dan mudah digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa (praktis).