Abstract:
ABSTRAK
Media pembelajaran merupakan faktor yang esensial pada proses pembelajaran. Media pembelajaran yang terintegrasi dengan komputer atau perangkat mobile merupakan hasil terjadinya transformasi digital yang membuat penggunaannya mudah. Tujuan dari penelitian ini yakni menganalisis validitas dan kepraktisan media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin. Metode penelitian yang akan dilaksanakan tergolong sebagai jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang diterapkan berupa model ADDIE mencakup 5 langkah: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), serta evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validitas dari ahli materi dan ahli media memperoleh persentase skor 92?ngan kategori sangat valid. Kemudian berdasarkan penilaian kepraktisan media pembelajaran melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar memperoleh persentase skor 81?ngan kategori sangat baik. Sehingga media pembelajaran interaktif berbantuan genially termasuk dalam kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian bisa disimpulkan bahwasannya media pembelajaran interaktif berbantuan genially pada materi masalah ekonomi dalam sistem ekonomi kelas X SMA Negeri 8 Banjarmasin dianggap sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Genially, ADDIE