Abstract:
ABSTRAK
Media pembelajaran interaktif dipandang perlu, mengingat keunggulan dari pemakaian media pendidikan interaktif dalam proses belajar mengajar yang sanggup tingkatkan mutu pendidikan. Ada pula tujuan dari riset ialah: 1) Mengenali validitas, 2) Mengenali kepraktisan, serta 3) Mengenali keefektifan media pendidikan interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran ekonomi kebijakan moneter terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS. Riset ini ialah Research and Development (R & D) menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah pengembangan meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil riset diperoleh yaitu: 1) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan skor rata-rata aspek dari ahli media, ahli materi, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata aspek sebesar 4,41 dengan kriteria sangat valid; 2) Kepraktisan diperoleh skor persentase rata-rata aspek sebesar 88,25?ngan kategori sangat praktis; 3) Keefektifan berdasarkan analisis hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) dari pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,000 < 0> ttabel yaitu 22,035 > 1,67. Bersumber pada hasil yang sudah diperoleh disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline sangat valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada proses belajar mengajar.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, ADDIE