Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Historia.id YouTube Channel sebagai sumber pembelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang dituju adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 3 Banjarmasin dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Pengujian teknik analisis data yaitu statistik deskriptif, analisis prasyarat dan hipotesis. Hasil perhitungan kondisi pretest melalui uji N-Gain Score rata-rata 0,2. Setelah diberikan posttest, hasil N-Gain Score rata-rata 0,3. Peningkatan motivasi belajar juga melalui uji-t, data motivasi belajar kelas eksperimen rata-rata 54,70 > 60,73, sedangkan motivasi belajar pada kelas kontrol rata-rata 55,03 > 55,47 mengalami peningkatan yang signifikan. Dari data tersebut, Independent Samples Test menunjukkan sig. 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Pengukuran pretest kedua kelas melalui N-Gain Score, penilaian motivasi belajar termasuk kurang. Setelah diberikan post test hasil N-Gain Score mengalami peningkatan motivasi belajar yang sedang. Setelah dilakukan uji t dengan Independent Samples Test, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Channel YouTube Historia.id terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 3 Banjarmasin.