Abstract:
ABSTRAK
Penilaian merupakan proses mengumpulkan dan memproses informasi dalam mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Perangkat tes standar sekolah merupakan perangkat penilaian yang digunakan oleh guru di sekolah untuk menilai hasil belajar siswa. Selain tes tersebut, terdapat pula penilaian kemampuan siswa yang dilaksanakan pada level internasional seperti Programme for International Student Assessment (PISA). Hasil dari penilaian tes standar sekolah seharusnya bisa memprediksi kemampuan siswa dalam literasi matematis yang sesuai dengan standar internasional. Maka dari itu perlu diukur konsistensi kemampuan siswa berdasarkan tes standar sekolah dan setara PISA. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsistensi nilai matematika siswa apabila diuji menggunakan perangkat tes yang berstandar sekolah dan menggunakan perangkat tes yang setara PISA level 4 dengan menggunakan konteks lahan basah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat korelasi dengan koefisien r= 0,348 yang berarti ada korelasi dengan tingkat hubungan rendah positif diantara kedua tes tersebut. Selain itu, koefisien determinasinya adalah 0,121 atau yang berarti bahwa 12,1?ri peserta tes menyatakan konsistensi nilai bila diukur dengan tes standar atau dengan tes setara PISA level 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hanya sebagian kecil terdapat konsistensi nilai matematika siswa diuji dengan perangkat tes standar sekolah dan perangkat tes setara PISA level 4 menggunakan konteks lahan basah dengan tingkat hubungan rendah.
Kata kunci: konsistensi, penilaian matematika, tes standar sekolah, PISA level 4, konteks lahan basah