Abstract:
TK Al-Istiqlal merupakan sekolah yang ada di kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah berakreditasi B menggunakan Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil pengembangan keterampilan berbahasa melalui sentra bermain peran (sosio drama) anak. Selanjutnya, metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan data dikumpulkan melalui observasi lapangan, data ini kemudian dianalisis menggunakan nilai rata-rata. Berlandaskan hasil dari penelitian yang dilakukan, metode sentra bermain peran (sosio drama) berhasil mengembangkan kemampuan berbahasa anak, hal ini dilakukan peneliti dengan cara memberikan beberapa contoh kata yang sering digunakan anak sehari-hari dan menyajikannya ke dalam bentuk permainan drama peran, serta menambahkan bantuan media pembelajaran yang diciptakan sendiri oleh peneliti dan guru untuk menarik minat anak. Berkembangnya kemampuan berbahasa anak terbukti dari hasil observasi yang telah dilakukan dengan diperolehnya nilai rata-rata siklus I 48,0%, siklus II 64,0%, siklus III 96,0?ngan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kata Kunci: Metode Bermain Peran (Sosio Drama) dan Kemampuan Berbahasa.