Abstract:
Abstrak
Permasalahan yang sering dijumpai di sekolah adalah kurangnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran yang memudahkan guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media video sebagai media pembelajaran pada materi fotosintesis siswa kelas V SDN-SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 4D. Pengembangan dalam media Video ini memiliki beberapa fase, diantaranya: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Proses pengumpulan data untuk survei/penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Melibatkan enam ahli, dua ahli media, dan dua ahli materi, serta dua ahli naskah media yang ikut dalam menilai kelayakan media Video. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media video untuk bahan proses fotosintesis sangat layak untuk dipergunakan. Hasil uji kelayakan media video untuk ahli media dan ahli materi masuk dalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, media video sangat cocok dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas V sekolah dasar di sekolah.
Kata kunci: Media, Video, IPA, Proses Fotosintesis