Abstract:
PENGEMBANGAN “BLOODTYTURY” PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SMA KELAS XI (Oleh: Arnopen Kristina; Pembimbing: Noorhidayati, Aminuddin Prahatama Putra; 2023; 110 halaman)
ABSTRAK
Pembelajaran abad 21 menuntut pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan belajar. Guru diharuskan memiliki kecakapan dalam mengembangkan dan mempraktekkan kombinasi antara sumber belajar dan teknologi digital yang dapat menimbulkan kreativitas dan inovasi siswa yang dilengkapi kemampuan berpikir kritis. Sumber belajar yang dapat menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran materi atau subkonsep dalam melakukan praktikum yang tidak berbatas pada kondisi tertentu adalah laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan terhadap hasil Pengembangan “Bloodtytury” pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA Kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model 4D (Thiagarajan et al., 1974) yang dibatasi sampai tahap Develop. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kesesuaian, kelayakan, dan keterbacaan. Subjek penelitian adalah 4 ahli yang terdiri atas 2 orang dosen Pendidikan Biologi FKIP ULM, 1 orang guru mitra SMA Negeri 12 Banjarmasin, dan 1 orang ahli media serta 12 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin. Hasil pengujian Pengembangan “Bloodtytury” pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA Kelas XI menunjukkan hasil sangat sesuai (4,45) yang berarti sangat sesuai dengan tujuan pembelajaran, sangat layak oleh ahli materi (4,48) dan layak oleh ahli media (4,00) yang berarti secara teknis “Bloodtytury” sangat layak digunakan sebagai sumber belajar, keterbacaan sangat baik (4,56) yang berarti sangat mudah untuk dibaca oleh peserta didik.
Kata Kunci : Bloodtytury, media, uji golongan darah sistem peredaran darah