Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan bahan ajar e-book berbasis web terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dan menguji kelayakan dari e-book berbasis web dengan pendekatan problem based learning yaitu pendekatan belajar yang berfokus pada pemecahan suatu masalah terhadap siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks deskripsi kelas VII di MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian R&D pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk dan peningkatan motivasi belajar siswa dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book berbasis web yang telah dikembangkan yaitu dinyatakan sangat layak oleh validator ahli media dengan presentasi skor sebesar 96,6?n 88,8?n validator ahli materi dengan presentase skor sebesar 98?n 80%. Skor N-Gain digunakan untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa diperoleh sebesar 0,7 termasuk kedalam kriteria tinggi dengan skor presentase 71,5% atau efektif dalam kegiatan pembelajaran.