Abstract:
Salah satu bentuk penilaian yang masih dipertahankan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah penilaian sumatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan instrumen penilaian sumatif yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini mengikuti alur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis dilakukan terhadap validitas empiris, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Proses pengembangan instrumen penilaian sumatif dilakukan melalui lima tahapan, yaitu tahap analysis untuk mencari informasi terkait keadaan atau situasi di SMK Negeri 1 Banjarmasin, tahap design untuk merancang kisi-kisi dan instrumen penilaian, tahap development untuk mengembangkan kisi-kisi dan butir soal yang sudah dirancang, tahap implementation untuk mengetahui respons peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan mendapatkan tingkat validitas serta reliabilitas pada uji coba lapangan, serta tahap evaluation untuk dapat memperbaiki produk instrumen penilaian sumatif. (2) Hasil analisis validitas empiris memperoleh 18 butir soal dalam kategori valid dan 2 tidak valid. Hasil analisis reliabilitas memperoleh nilai koefisien 0,815 dan masuk dalam kategori sangat reliabel.