Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari “Dampak proses pembelajaran PJOK secara daring tahun ajaran 2020/2021 pada Jenjang SMP dan SMA di Kota Banjarbaru”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik cluster sampling. Penelitian ini bertujuan mengetahui mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari Dampak proses pembelajaran PJOK secara daring tahun ajaran 2020/2021 pada Jenjang SMP dan SMA di Kota Banjarbaru.
Teknik Sampling yang digunakan untuk menentukan banyaknya sampel dari populasi yang tersedia quota sampling yang merupakan teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu, populasi pada penelitian ini adalah guru PJOK dan seluruh peserta didik SMP dan SMA di Kota Banjarbaru,sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 12 orang guru PJOK dan 467 orang peserta didik dari total populasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dampak covid-19 dalam proses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di Kota Banjarbaru, dampak positif bagi guru yaitu mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, menganalisis aktivitas siswa, menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak negatif bagi guru yaitu melihat keterbatasan jangkauan internet, melihat sarana dan prasarana. Dampak positif bagi siswa yaitu indikator Mengaplikasikan teknologi/multimedia secara efektif, menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, menganalisis aktivitas siswa, melihat sarana dan prasarana. Sedangkan dampak negatif bagi siswa yaitu Pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran, melihat keterbatasan jangkauan internet, menganalisis motivasi belajar siswa, menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Selain indikator yang memiliki dampak positif atau negatif maka hasil keseluruhan memiliki dampak yang seimbang.
Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif, Dampak Negatif