Abstract:
Perkembangan smartphone saat ini sangat memudahkan dalam menggunakan berbagai aplikasi untuk pendidikan. Terdapat suatu aplikasi pada smartphone yang dapat membantu menyelesaikan beberapa soal matematika yaitu aplikasi qanda. Qanda merupakan aplikasi mobile yang memungkinkan para siswa menerima solusi instan dan bimbingan belajar privat dari sejumlah tutor yang berasal dari universitas terbaik di dunia. Kemudahan menggunakan aplikasi qanda sebagai media belajar untuk menyelesaikan suatu soal matematika dapat membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui analisis suatu penyelesaian yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi qanda terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa di kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 7 Banjarmasin dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X-K dan kelas X-I. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi, tes, nontes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: (1) Motivasi belajar matematika siswa SMAN 7 Banjarmasin dalam pembelajaran matematika berbantuan aplikasi qanda memiliki persentase motivasi sebesar 66,48% yang berada pada kategori tinggi, (2) Hasil belajar matematika siswa SMAN 7 Banjarmasin dalam pembelajaran matematika berbantuan aplikasi qanda memiliki nilai rata – rata sebesar 84,06 yang berada pada kategori baik, (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.