Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pusat sumber belajar berbasis website yang valid dan dapat meningkatkan keterampilan literasi digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Terdiri atas 4 tahap utama, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Observasi digunakan untuk melihat aktivitas peserta didik. Wawancara digunakan untuk mendapatkan permasalahan pada pembelajaran. Angket digunakan untuk mengetahui respon dan keterampilan literasi digital peserta didik.
Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 83%, penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 79%, dan dari respon peserta didik mendapat rata-rata skor 79%. Hasil pengukuran meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik menggunakan uji n-gain memperoleh 0,35?pat dikategorikan sedang. Sehingga pusat sumber belajar berbasis website yang telah dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan literasi digital peserta didik di SMPN 1 Muara Teweh dalam kategori sedang.