Abstract:
Penerapan mengadakan variasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Pulau Laut Timur ini sangat penting, karena dengan menerapkan keterampilan ini akan menjadikan proses pembelajaran terasa menarik. Tetapi masih terdapat kendala yang dirasakan guru dalam penerapannya. Peneliti di dalam penelitiannya hanya memfokuskan kepada penerapan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik seperti: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penerapan guru ketika mengadakan variasi pembelajaran sudah baik, pada proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Pulau Laut Timur. Sedangkan untuk kendala yang dihadapi guru pada saat penerapan keterampilan mengadakan variasi beserta komponen variasi gaya mengajar hanya faktor alam yang menjadi kendala, sedangkan untuk variasi media pembelajaran guru hanya memanfaatkan media yang ada. Untuk variasi pola interaksi kurang beraninya siswa dalam berbicara di depan umum. Upaya guru dalam mengatasi kendala yaitu dengan mengoptimalkan media yang ada seperti menambah sumber buku bacaan untuk siswa dan membimbing siswa agar berani berbicara di depan umum.