Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, (2) pengaruhi praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha, (3) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan praktik kerja industri kewirausahaan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian menggunakan ex post facto dengan pendekatan kuantitatif, sampel penelitian menggunakan purposive sampling, dan jumlah sampel penelitian 270 siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kandangan yang sudah mengambil mata pelajaran pendidikan kewirausahaan dan sudah melaksanakan kegiatan praktik kerja indsutri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji liniearitas, uji heterokedasitas, uji multikolinearitas, uji anakova. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Variabel pendidikan kewirausahaan (X1) dengan kategori tinggi sebanyak 24 (8,9%) siswa, sedang 197 (75,2) siswa, rendah 49 (18,1%) siswa . 2) Variabel praktik kerja industri (X2) dengan kategori tinggi 16 (5,9%), sedang 205 (75,9%) siswa, rendah 48 (17,8%). 3) Variabel minat berwirausaha (Y) katogori tinggi 21 (7,8%) siswa, sedang 240 (88,9%) siswa, rendah 7 (2,6) siswa.