Abstract:
ABSTRAK
Sitri Cahyani 2021, Studi Deskriptif Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Di SMP Negeri 10 Banjarmasin
Pembimbing : (I) Dr. Nina Permatasari, S. Psi, M. Pd (II) Dr. Ali Rachman, M.Pd
Kata Kunci : Kemandirian, Anak tunagrahita ringan
Sekolah dan keluarga memiliki peran penting dalam proses berkembangnya kemandirian anak. Kemandirian adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikannya sendiri, mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, serta melaksanakan tugas-tugasnya dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Dalam dimiliki oleh anak tunagrahita yang ada di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Dengan sampel penelitian berjumlah 5 orang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran kemandirian anak tunagrahita ringan di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Teknik yang pendidikan inklusi kemandirian anak tunagrahita lebih spesifiknya adalah bina diri atau memelihara diri sendiri agar kelak anak tunagrahita ringan mampu membawa diri dalam lingkungan yang lebih luas lagi setelah pedidikannya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana kemandirian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, display data (penyajian data), kesimpulan dan verifikasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 5 responden, yaitu 1 Guru BK dan 4 orang tua siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak tunagrahita ringan memiliki tingkat kemandirian yang sedang namun mengarah ke rendah karena dalam beberapa kondisi mereka terkadang mampu mengambil keputusan sendiri, namun terkadang mereka juga sering bergantung kepada orang terdekatnya dalam bertindak, mereka terbiasa mendapat dorongan terlebih dahulu ketika harus melakukan sesuatu.
Kata Kunci : Kemandirian, Anak tunagrahita ringan