Abstract:
Abstrak. Persaingan usaha pentol merupakan persaingan yang sangat dinamis karena hampir setiap tahun ada penambahan jumlah pedagang pentol. Dari para pengusaha pentol yang ada, ada beberapa pengusaha pentol yang sukses mempertahankan usaha mereka. Pentol merupakan jajanan yang sangat diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan strategi pengembangan produk (2) Mendeskripsikan strategi pemasaran dalam usaha pengolahan pentol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara,, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) Strategi pengembangan produk dalam usaha pengolahan pentol meliputi a) peningkatan kualitas yakni dari segi pelayanan kepada konsumen b) peningkatan keistimewaan yakni dari kualitas bahan baku dan variasi olahan c) peningkatan gaya produk yakni dari segi penampilan hasil produksi dan media yang digunakan. (2) Strategi pemasaran dalam usaha pengolahan pentol meliputi a) tempat untuk memasarkan produk b) display produk c) waktu untuk memasarkan produk. Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi para pedagang pentol mampu memiliki strategi-strategi usaha yang inovatif untuk memproduksi dan memasarkan hasil produksinya agar mampu berjalan secara terus-menerus dan tidak mengalami penurunan.
Kata Kunci: Strategi Usaha, Pedagang Pentol, Pedagang Sektor Informal.