Abstract:
Pembelajaran online di masa pandemi mengalami perubahan menjadi pembelajaran tatap muka secara terbatas di Era New Normal. Tanpa disadari pendidikan sudah mulai memasuki era society 5.0. Implementasi program sekolah penggerak sangat membantu dalam proses pembelajaran yang sedang menghadapi berbagai tantangan agar dapat menyesuaikan dan memulihkan dari berbagai dampak atau tantangan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Faktual pembelajaran kemudian mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta hambatan dan cara mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pada pembelajaran program sekolah penggerak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian di SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran program sekolah penggerak di Era New Normal dapat memulihkan kembali kondisi pembelajaran setelah 2 tahun pembelajaran daring kemudian pelaksanaan berjalan dengan kerjasama yang baik antara pendidik yang lain, hal ini membuat adanya budaya berperilaku dan penilaian pembelajaran peserta didik membaik dan sesuai dengan 6 profil Pancasila. Dari semua program yang telah dilaksanakan adapun salah satu program yang tidak dapat dilaksanakan namun dapat teratasi oleh informan. Sebaiknya ada dampingan khusus, seperti pendidik yang mengerti tentang sekolah digital ini untuk bisa menggandeng pendidik yang masih memegang mindset lama.