Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Amuntai Selatan. Metode yang digunakan untuk penelitian yaitu kualitatif. Sumber data dipilih melalui penentuan narasumber dengan pertimbangan yang telah ditetapkan sebelumnya dan teknik dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, lapangan, wawancara, dan mengambil dokumentasi. Data diidentifikasi selanjutnya dilakukan analisis dalam tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan : 1) Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMP Negeri 4 Amuntai Selatan yaitu guru berfungsi sebagai pengajar, pembimbing, motivator, mediator, fasilitator, dan evaluator 2) kendala yang dihadapi guru untuk menumbuhkan minat belajar adalah minimnya penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, dan dukungan dari orang tua tidak memberikan perhatian kepada anak dan hanya mempercayakan sepenuhnya kepada guru di sekolah 3) upaya yang diberikan guru dalam menumbuhkan minat belajar adalah memberikan apresiasi dan melaksanakan kerjasama dengan orang tua melalui pertemuan untuk memberikan penguatan bimbingan ketika anak di rumah.