Abstract:
Kemajuan teknologi informasi telah melahirkan Learning Management System yang mendukung terselenggarannya pembelajaran berbasis elektronik. Ruangguru merupakan aplikasi belajar online yang membantu pembelajaran dengan diakses melalui smartphone maupun laptop. Aplikasi ini menyediakan bentuk pembelajaran, mulai audio, visual hingga audio visual yang sangat mendukung pembelajaran selama pandemi COVID-19 di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan penerapan Learning Management System Ruangguru dalam pembelajaran sejarah secara daring di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan mendeskripsikan tentang hasil belajar para peserta didik dengan menggunakan Ruangguru. Teknik pengumpulan data, yakni observasi, studi dokumen dan wawancara dengan guru sejarah maupun peserta didik. Uji keabsahan data memakai triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ruangguru mempermudah peserta didik dan guru dalam melakukan pembelajaran sejarah secara daring dengan didukung berbagai fitur yang disediakan guna menunjang kegiatan pembelajaran. Meskipun begitu, guru masih mendapat kendala dalam kegiatan pembelajaran kepada peserta didik, seperti kurangnya keaktifan, kurangnya fokus, kurangnya ketepatan waktu peserta didik dalam pengumpulan tugas yang diserahkan oleh guru, serta terkendala jaringan internet yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam aktivitas pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran sejarah menggunakan Ruangguru sangat mempermudah pembelajaran di tengah pandemi, namun ada juga kendala yang dihadapi, seperti kurangnya pengawasan dari guru sampai terkendala jaringan internet.