Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat, mengharuskan dunia pendidikan untuk selalu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dengan menggabungkan antara pembelajaran tatap muka (face to face) dengan pembelajaran online yang dikenal sebagai blended learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran blended learning, menganalisis hasil belajar siswa, dan menganalisis tanggapan siswa setelah penerapan blended learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objeknya yaitu adalah tanggapan dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penerapan blended learning dan subjeknya adalah siswa kelas X MIA 3 sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, soal tes hasil belajar, dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran mendapatkan rata-rata persentase keterlaksanaan adalah 95.32% yang termasuk dalam kategori sangat baik. (2) rata - rata hasil belajar siswa adalah 74,26 termasuk kategori baik. (3) tanggapan siswa dengan nilai rata - rata sebesar 72.79% termasuk kategori setuju.