Abstract:
Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) saat ini semakin populer, terutama dalam konteks pembelajaran matematika dan sains. Media pembelajaran berbasis AR dapat memvisualisasikan objek bangun ruang yang sulit dibayangkan oleh siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang berkaitan dengan bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi dan mendeskripsikan pengaruh dari penggunaan media pembelajaran
berbasis AR terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupanilai kemampuan awal siswa, hasil posttest, dan hasil angket. Data diuji menggunakan uji t. Hasil angket diolah dalam bentuk persentase. Hasil penelitian: (1) Siswa yang mengikuti pembelajaran mengunakan media pembelajaran berbasis AR memperoleh hasil belajar yang tergolong lebih baik. (2) Persentase hasil angket respon siswa terhadap implementasi media pembelajaran AR pada materi bangun ruang sisi datar termasuk dalam kategori baik yaitu 79 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis AR dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022.