Abstract:
Penggiat sejarah di SMAN 11 Banjarmasin ini merupakan satu-satunya ekstrakurikuler yang bergerak di bidang sejarah di Kalimantan Selatan. Peserta didik tentu membutuhkan peran guru sejarah dalam kegiatan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran sejarah bagi peserta didik dalam melakukan ekstrakurikuler tersebut, seperti membuat majalah dinding dan lawatan sejarah. Kedua kegiatan ini berpotensi menumbuhkan kesadaran sejarah bagi para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam memberikan bimbingan dan motivasi dalam kegiatan penggiat sejarah beserta kendalanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mendeskripsikan penggiat sejarah dalam bentuk majalah dinding dan lawatan sejarah yang membutuhkan peran guru sejarah, sehingga menghasilkan gambaran ilmiah tentang peran guru dalam membina kegiatan penggiat sejarah. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah dan peserta didik penggiat sejarah. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi. Wawancara dilakukan dengan guru sejarah dan anggota ekstrakurikuler penggiat sejarah. Observasi penelitian ini mengamati peran guru sejarah dalam membina peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler penggiat sejarah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sejarah berperan sebagai pembina maupun motivator dalam ekstrakurikuler penggiat sejarah melalui kegiatan majalah dinding dan lawatan sejarah. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam membuat majalah dinding dan kunjungan sejarah, misalnya kreativitas dalam membuat majalah dinding, kemudian menjadi bahan literasi sejarah, sehingga menjadi lebih paham sejarah.