Abstract:
Karena dalam proses pembelajaran diperlukan kemampuan siswa dengan mengedepankan logika dalam memahami suatu konsep yang mendasari berbagai macam perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Namun, menurut hasil wawancara yang telah dilaksanakan dengan guru Matematika SMA PGRI 6 Banjarmasin. Diketahui banyak siswa masih mengalami kesulitan belajar dan memahami konsep, terutama pada materi tentang barisan dan deret. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan: Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas XI MIPA Pada Materi Barisan dan Deret, Mengetahui hasil belajar siswa setelah di laksanakan dengan model TPS pada siswa kelas XI MIPA Pada Materi Barisan dan Deret. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebanyak empat kali pertemuan pembelajaran, dan tiga kali tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah dari observasi keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran matematika model TPS pada siswa kelas XI MIPA Pada Materi Barisan dan Deret dalam kriteria baik, setelah di laksanakan dengan model TPS pada siswa kelas XI MIPA Pada Materi Barisan dan Deret hasil belajar siswa dalam ketegori baik. Dengan demikian, model Think Pair Share (TPS) pada materi barisan dan deret di kelas XI MIPA SMA PGRI 6 Banjarmasin layak digunakan agar mampu membantu siswa dalam memahami serta menghindari kesulitan-kesulitan dalam materi barisan dan deret.